Home » » SWAP

SWAP

Swap atau yang biasa disebut juga dengan overnight swap, adalah bunga yang dikenakan kepada trader yang membuka posisi yang ditahan selama lebih dari satu hari. Pengenaan swap ini biasanya dilakukan pada jam market close (biasanya pukul 04.00 WIB). Swap dikenakan karena terjadi perbedaan interest rates (tingkat suku bunga) kurenci bersangkutan yang ditradingkan.
Contoh :
Misalkan anda bertrading kurenci EUR/USD, ketika anda hendak menahan posisi anda yang terbuka selama lebih dari satu hari, anda akan dikenakan swap sebanyak perbedaan suku bunga antara EUR dan USD. Misalkan anda trading dengan 1 standar lot (100.000 unit), interest rate EUR saat ini adalah 4.25%, dan USD adalah 3.5%, maka jika anda membuka posisi:
SELL EUR/USD, maka anda akan mendapat swap sebanyak interest rates EUR - USD, yaitu 4.25% - 3.5% = 0.75% atau 0.75 poin (biasanya dibulatkan oleh broker). Posisi anda akan dikurangi 0.7 poin. Namun, ketika anda melakukan
BUY EUR/USD, maka anda akan mendpat swap sebanyak 3.5% - 4.25% = -0.75%, posisi anda akan dikurangi -0.7 poin, yang artinya akan ditambah 0.7 poin.
Dapat anda lihat, kalau swap juga bisa plus maupun minus. Jadi kalau anda bisa menahan posisi selama berhari-hari dengan harga yang stabil, anda bisa mendapatkan profit hanya dari swap ini. Hal inilah yang banyak dilakukan oleh swing trader.
Hal yang juga perlu anda ketahui adalah beberapa broker ada yang menerapkan sistem swap fixed atau swap free. Swap fixed artinya, swap yang dibebankan kepada trader sudah tetap, jadi walaupun ada perubahan tingkat suku bunga yang dilakukan oleh bank sentral negara bersangkutan, swap broker tersebut tidak terpengaruh. Sedangkan swap free, adalah akun yang tanpa dibebani swap (baik plus maupun minus), hal ini dikarenakan oleh adanya larangan agama yang melarang penggunaan swap atau bunga atau riba.
Jangan lupa tinggalkan jejak-jejak kehidupan, dengan memberikan komen. :D
Share this article :