Home » » BAGAIMANA CARA MENGIKUTI MARKET?

BAGAIMANA CARA MENGIKUTI MARKET?





Kakak beradik ini seorang trader: Seperti pada umumnya trader nubie, mereka masih mencari-cari bagaimana bersahabat dengan market, BAGAIMANA CARA MENGIKUTI MARKET dan memperoleh profit dari sana... Mari kita ikuti dialog mereka...! Sebut Saja mereka ini ThuyulFx dan BintangFx.

BintangFx (B): "Sebenernya gimana sih Yul, trading yg bener itu...? Aku liat temen-temen koq MCa MCe wae..?"


Thuyul (T): "Ya tradingmu gimana?"

B: "Ya sama, MCa MCe wae...! Tapi masih demo...!"

T: "Haiyyah koq demo, gak usah demo..! MC di demo tuh gak terhormat!"

B: "Lha piye?"

T: "Make it simple. follow trend yg ada.. always reaktif menyikapi Market..!"

B: "Omonganmu koq yo apik.. opo kamu  sdh gak MC Yul..?"

T: "Yo masih MC..! Tapi apa kalau masih sering MC gak boleh ngomong yg baik-baik..? Gak boleh menasihati yang baik-baik... terus aku harus ngajarin MC? Opo Aku kon ngomong saru, gitu?"

B: "Jangan gitu Yul, ojo nesu... Sing modali kamu trading yo aku... Ta cabut ijinmu trading, modar kamu..!"

T:"Ampun Kang, ampuun..!"




B: "Gini Yul, kemarin aku baca status FB .. Om Toto , jarene: 'MARKET...bagaikan ombak di lautan lepas yang mengombang ambingkan perahu layar...,ketika perahu layar tidak bisa berbuat apa2...dan untuk bisa lepas dari gelombang ombak dan selamat sampai tujuan..,kita nggak bisa melawan arus ombak itu.,yang harus kita perbuat adalah mengarahkan layar dan mengikuti arah arus ombak itu.' kuwi piye Yul..?"

T: "Artinya gini Kang, kita harus punya sistem dan analisa yang baik, untuk bisa memprediksi arah gerak dari forex. dan siap untuk keluar pasar jika memang terbukti salah arah, dan bukan menunggu sampai akhirnya harga balik lagi. Seperti apa yg diungkapkan Om Toto ... hanya bisa mengikuti dia. Teknik trading yang kita gunakan dapat membantu kita untuk membaca kemana arah pergerakan market yang sebenarnya terjadi jadi kita bisa menjadikan arah market sebagai sahabat kita..."

B: "Kamu ngomong gitu, opo yo kamu sdh mempraktekkan Yul.. Apa kamu juga keluar pasar jika memang terbukti salah arah?"

T: "Maaf Kang, lha itu yang sulit...! Soalnya mau saya profit terus...! Jadi gak cut loss, kalau cut loss jadi gak profit..Kang..!"

B: "Lha, nanti kalau seperti itu kamu tergulung mbak Yul... bisa-bisa MC! Gak mau loss tapi rela MC...!"

T: "Iya Kang, makanya saya MC terus..! Jadi aku salah yo Kang..!"

B: "Kamu salah Yul, menurutku, solusinya di MM...Yul.  MM sangat penting untuk kita gunakan dalam trading , supaya kita tidak mengalami kerugian yang begitu besar ketika trading kita salah posisi , namun hendaknya juga kita mengunakan SL untuk pengamanan dalam trading kita supaya kita tidak mengalami loss yang begitu besar apalagi sampai berujung MC , jadikan MM sebagai hal yang wajib kita lakukan dalam trading."

T:""Omonganmu koq yo apik..Kang! opo kamu  sdh gak MC di demo trading..?"

B: "Yo masih MC..! Tapi apa kalau masih sering MC di demo gak boleh ngomong yg baik-baik..? Gak boleh menasihati yang baik-baik... terus aku harus ngajarin MC di demo? Opo Aku kon ngomong saru, gitu?"

T: "Hahahahaha.. satu-satu Kang!"

B:"Menurutku ya Yul...Sebaik apapun kita dalam membaca pergerakan market, kalau tanpa dibarengi juga dengan MM yang baik pasti bakalan bahaya juga, karena pasti ada saja satu posisi dimana analisa kita dalam mengikuti arah pergerakan market itu salah, dan kalau kita pakai MM, disanalah ia bakalan bekerja dan mengurangi jumlah kerugian kita. Maka dari itu kita harus pertahankan MM yang bagus... Maksudnya saat kita trading pasti tahu ukuran profit dengan komposisi MM yang baik... Maka kita akan stabil menangani profit, dan juga yang terpenting Yul,  kita harus tahu bahwa dengan MM yang baik kita akan bisa mengendalikan loss. "

T: "Setuju Kang, Menjadikan market sebagai sahabat kita merupakan langkah penting untuk meraih profit. Karena dengan mengetahui dan memahami dengan pasti seluk beluk market maka akan memudahkan kita dalam memprediksi dan membuka posisi. Apapun system yang kita pakai jika kita tidak menguasai market, tentunya akan sulit untuk mendapatkan profit. Kata Mas Wagimin kita harus memahami market, trend dan candle serta menguasai kompetensi tertentu dalam trading... "

B:"Dapat pencerahan apa dari Mas Wagimin Yul...?"

T: "Mas Wagimin said, 'Market boleh gila.. tapi trader jangan gila market..!"

B: "Apa maksud pernyataan dari Mas Wagimin?"

T: "Kemarin saya ikut pelatihan Mas Wagimin, dia menjelaskan bahwa trader yang gila market  itu trader yang  tidak pake otak yang rasional dlm trading, berfikirnya irasional, dia asal2an ketika trading... gak pake acuan kurikulum trading, gak ada kompetensi yang dimiliki...Jadi yg trader ingin lakukan adalah trading asal mau menaklukkan market dn merampok dollar...!"

B: "Terus, apalagi yang dikatakan Mas Wagimin? "

T: "Market itu seperti gadis cantik (Luna Maya atau Syahrini) yg mau mandi.. ayoo kita ikuti .. whuahahahahaha..!"

B: "Artinya, kita harus mengikuti market, Yul...?"

T: "Iya, mengikuti gadis mandi kan harus pake strategi Kang...! Apalagi yg diikuti artis.. hahhaahahaa...! Pake MM juga...!"

B:"Apa itu MM?"

T: "Meneng-Meneng ae..!" (Diem-diem saja).

B: "Hahahahahahaha...! Kamu ketularan koplake Mas Wagimin Yul...!"

T: "Kata Mas Wagimin, ngikuti gadis mandi di sungai misalnya, harus tahu strategi dn karakteristik yang diikuti.. whuahahahahha....! Itu langkah aman..! Kalau untuk trading, kata Mas Wagimin, 'Langkah teraman untuk kita trading adalah jangan sekali-kali menentang keinginan market. Kita ikuti saja trend yang terjadi sambil mempelajari karakteristik pair tersebut. Disinilah kesabaran kita diuji untuk menunggu moment yang tepat untuk entry market. Kamu pernah denger cerita Joko Tarub yang mencuri pakaian bidadari kemudian dia 'Take Profit' dapet satu bidadari yang cantik jelita? whuahahhahaaa....!"

B: "Hahahahaha.... Terus gimana strategi yang baik untuk trading Yul... ?"

T:"Mas Wagimin sih...strategi  yang paling bagus dan paling cocok  adalah strategi yang tercipta dari pengalaman trading kita dan disempurnakan dengan hasil pembelajaran yang telah kita lakukan dalam upaya untuk lebih memahami market dan menjadikan segala situasi dan kondisi terkesan bersahabat dan tidak sampai merugikan kita."

B: "Hemm... jadi pingin ketemu Mas Wagimin lagi."

T:"Lho kan kemarin sudah ikut kesana menemui Mas Wagimin?"

B: "Kemarin belum sempat  aku tanya soal 'mengikuti gadis mandi dan sukses take profit', seperti Joko Tarub...! hahahahahaha

T: " Gak usah Kang, nanti malah ilmunYa buat ngintip janda sebelah...!"

B: "Huahaahahahahahahhahaaa...!"

The end...!
Share this article :

1 Komentar:

perskpktipikorsumsel said...

Salam Sukses dan Profit selalu.